Apa yang terjadi dengan pengindeksan seluler Google?

Apa yang terjadi dengan pengindeksan seluler Google

Google mengumumkan peluncuran indeks pencarian mobile pertama yang akan datang, pasti akan terjadi perombakan besar-besaran terhadap cara Google mengindeks hasil pencariannya yang telah membuat SEO berjuang untuk menyiapkan bisnis mereka.

Dengan mode Google yang cukup khas, beberapa bulan sejak pengumuman, kami masih tidak mendekati tanggal pasti kapan perubahan itu akan terjadi. Namun beberapa perilaku aneh dalam hasil pencarian mobile, dikombinasikan dengan ‘cuaca’ turbulen selama beberapa hari terakhir, mengindikasikan bahwa kita bisa mendekati peluncuran.

Tanda pertama bahwa ada sesuatu yang aneh terjadi pada tanggal 6 Februari, ketika Glynn Davies, Kepala Strategi Pencarian di Pi Datametrics, melihat situs mobile terpisah yang berhenti mencari mobile di Google, diganti dengan versi desktop mereka.

Yang mengkhawatirkan sepertinya, situasi ini bukan tanpa preseden di Google. Google mengonfirmasikan kembali bahwa situs tersebut menggunakan versi desktop situs untuk rangking di seluler, sementara masih membandingkan keduanya untuk memeriksa perbedaan besar seperti pengguna yang membuat situs web desktop berisi spam semata-mata untuk tujuan mendapatkan peringkat tinggi.

Namun, perubahan tiba-tiba ini tampak belum pernah terjadi sebelumnya, dan laporan cuaca Mozcast – yang mencerminkan gejolak algoritma Google saat ini karena cuaca panas dan penuh badai – menunjukkan cuaca yang jelas-jelas suram. Ada beberapa spekulasi di Twitter mengenai apakah ini mungkin karena hukuman Google yang baru-baru ini diterapkan terhadap interstisial seluler yang mengganggu, namun tampaknya tidak ada kaitan antara kehadiran pengantara dan situs yang terpengaruh.

Tentu saja, dalam situasi ini salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kejelasan adalah dengan melakukan ping ke Google di Twitter. Seperti yang terjadi, pengguna Twitter Vishal Marathe telah menghubungi John Mueller, analis tren webmaster Google, beberapa hari sebelumnya mengenai masalah yang sama. Teori Mueller adalah bahwa swap dalam peringkat mungkin disebabkan oleh masalah dalam cara situs mereka didirikan.

Sampai sekarang, kesalahan tampaknya masih berlangsung sementara Google melihat ke dalam beberapa hal. Ada kemungkinan bahwa masalah ini tidak terkait dengan pengindeksan pertama seluler – bagaimanapun juga, Google memiliki sejumlah pembaruan algoritme, baik besar maupun kecil, dalam pipa sepanjang tahun. Pengindeksan pertama Mobile hanya terjadi menjadi hal utama yang kita tahu akan datang.

Tetapi mengingat fakta bahwa kesalahan ini memengaruhi situs seluler secara khusus, dan waktunya, sepertinya tidak terlalu masuk akal untuk menyimpulkan bahwa ini bisa jadi hasil tes yang dilakukan Google menjelang penerapan penuh dari yang baru.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*